Mahasiswa S1 keperawatan Kembangkan Aplikasi Terintegrasi Webhealth Untuk Rehabilitasi Paru Pada Pasien TB, Jadi Juara LKTI Nasional

Senin, 16 Oktober 2023 22:19 WIB   Ilmu Keperawatan

Mahasiswa S1 keperawatan Kembangkan Aplikasi Terintegrasi Webhealth Untuk Rehabilitasi Paru Pada Pasien TB, Jadi Juara LKTI Nasional. Lomba karya tulis ilmiah tersebut bertemakan Peran Gen Z sebagai Agent of Change (AoC) dalam Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM), diselenggarakan oleh Fakultas kedokteran, Universitas Tanjungpura, Pontianak. Mahasiswa yang menggawangi gagasan ini antara lain, Ragil efendi, Ajeng yuli wijayanti dan Ayusmia kurniawati. 

Ragil, selaku ketua kelompok menjelaskan bawa Gagasan “Ayo Berantas TB” ini berbasis mHealth dengan terintegrasi WebHealth dengan di dalamnya. Terdapat beberapa fitur yang dapat mendukung dalam proses rehabilitasi paru pada pasien TB, sehingga pasien akan mudah menjalani masa penyembuhan penyakit TB.

Selain itu, aplikasi ini disematkan fitur agar tenaga kesehatan dapat memantau kepatuhan pasien TB. Adapun menu yang ditawarkan dalam aplikasi di antaranya pengenalan TB, fitur batuk efektif, terapi nafas, gaya hidup, terapi berhenti merokok, kepatuhan dan terapi psikologis serta konseling, tandasnya. 

Ayusmia juga menjelaskan bahwa aplikasi ini sebagai Upaya Penyelesaian Kasus TB di Indonesia berbasis konsep Pulmonary Rehabilitation. Aplikasi ini dirancang dengan mengacu pada konsep MDLC (Multimedia Development Life Cycle) dengan proses pengujian berdasarkan kuesioner MARS (Mobile Application Rating Scale). Aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan kemudahan dalam proses manajemen kesehatan diri pada pasien tuberkulosis, katanya. 

Shared: