S1 Keperawatan FIKES UMM Berkonsolidasi Untuk Ikut Andil Dalam Mensukseskan Program SDGs

Rabu, 20 September 2023 07:30 WIB   Ilmu Keperawatan

The Sustainable Development Goals yang disingkat dengan (SDGs). Program ini juga dikenal sebagai Tujuan Global, diadopsi oleh PBB pada tahun 2015 sebagai seruan universal untuk bertindak guna mengakhiri kemiskinan, melindungi bumi, dan memastikan bahwa pada tahun 2030 semua orang menikmati perdamaian dan kesejahteraan.

UMM selama ini akan selalu akan ikut andil dalam mensukseskan visi dari program dunia tersebut, salah satunya keikutsertaan program studi ilmu keperawatan FIKES UMM utamanya dalam upaya peningkatan derajad kesehatan dan kesejahraan serta kebersihan sanitasi pada masyarakat melalui program penelitian dan pengabdian masyarakat. 

Hal ini juga turut disampaikan oleh Prof. Dr. Ignatius D.A Sutapa, M.Sc selaku Vice Chairman of UNESCO IHP IX WG on Ecohydrology and Water Quality menjelaskan bahwa kedepannya akan ada lembaga yang dibentuk khusus beserta perangkatnya untuk mewadahi SDGs Center ini di UMM, untuk itu sejak dini keterlibatan fakultas dan program studi sangat diperlukan sebagai upaya percepatan pencapaian SDGs di UMM "Perguruan Tinggi melalui Fakultas dan Prodi diharapkan berkonstribusi dalam pencapaian SDGs utamanya melalui pengimplementasian di Tridharma Perguruan Tinggi."

Setali tiga uang, Kaprodi S1 Keperawatan FIKES UMM, Edi Purwanto, MNg menambahkan bahwa program ini sesuai track yang sudah kami canangkan dalam visi dan misi kami yakni bagaimana kami berfokus bagaimana menurunkan kejadian non-commucable disease atau yang disebut dengan NCD. Program tersebut kami jalankan lewat program pendidikan yakni, muatan SKS yang cukup besar dalam memperkenalkan NCD dan seminar baik nasional maupun internasional. 

Selain itu, dalam program pengabdian masyarakat dan penelitian kami menyisir dalam menggali potensi-potensi yang dapat mencegah dan menurukan angka kejadian NCD di masyarakat dengan cara penyuluhan dan pendampingan desa, katanya. 

Shared: