Terinspirasi Surat Al Baqarah, Mahasiswa S1 Keperawatan Menjadi Juara Nasional Lomba Essay Ilmiah

Selasa, 17 Oktober 2023 16:31 WIB   Ilmu Keperawatan

Mahasiswa Prodi S1 Keperawatan Menjadi juara LKTI nasional berkat Implementasikan Q.S Al Muddatstsir [74]: 4-5 dan Q.S Al Baqarah [2]: 222 untuk Atasi Gastroenteritis pada Anak dan Balita dengan Model Family Centered Care. Lomba essay ilmiah tersebut diselenggarakan oleh Islamic Medicine Scientific Competition of Andalas University’s Faculty of Medicine (ISMI ALI XII). Essay tersebut berisikan penggunaan teknologi dalam edukasi dan promosi kesehatan sistem pencernaan berbasis Islam kepada masyarakat. 

Adapun mahasiswa yang mewakili lomba tersebut antara lain, Sonia Puspita Ar Royo, Wulan Permata Sari dan Amelia. Mereka semuanya merupakan srikandi S1 Keperawatan angkatan 2021. 

Sonia, selaku ketua kelompok menjelaskan bahwa Gastroenteritis dapat terjadi karena makanan yang dikonsumsi tidak diolah dengan benar dan air yang terkontaminasi. Terdapat hubungan antara praktik orang tua dalam pemberian makan dengan kejadian gastroenteritis.

Selain itu, lanjut Sonia, kualitas air bersih juga memiliki hubungan signifikan dengan kejadian gastroenteritis pada balita. Adanya hubungan dari fenomena tersebut, sebagaimana seorang muslim sangat erat hubungannya dengan firman Allah dalam penggalan Q.S Al-Baqarah [2]:222, bahwa kita harus menjaga kebersihan baik dari makanan kita. Adapun ayat tersebut berbunyi: 

“…..Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan orang-orang yang menyucikan diri” (QS. Al-Baqarah [2]: 222).

"Karena pada firman tersebut seharusnya seorang muslim mampu menjaga kebersihan diri baik dari segi lingkungan maupun makanan. Dalam hal ini, terdapat kaitan mengenai tingkatan pendidikan", tandasnya

Wulan juga menambahkan bahwa penatalaksanaan gastroenteritis bisa dilakukan dengan dukungan media berbasis aplikasi. Hal ini kami yakini dengan diperkuat dalam studi terdahulu bahwa pemberian pendidikan berbasis aplikasi dapat meningkatkan pengetahuan yang signifikan. 

"Family Centered Care menjadi poin untuk melakukan manajemen gastroenteritis yang di mulai dari lingkup keluarga. Family Centered Care dapat membantu keluarga dalam mengambil keputusan dan perawatan kesehatan serta upaya mencapai kesehatan melalui kebersihan".

Begitu pentingnya kebersihan menurut Islam, sehingga orang yang membersihkan diri akan dicintai oleh Allah SWT. sebagaimana firman Allah SWT dalam Q.S Al-Baqarah [2]:222 “…Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan orang-orang yang menyucikan diri” (QS. Al-Baqarah [2]: 222).

Selanjutnya, perintah untuk membersihkan diri dan menjaga diri dari hal yang mengarah keburukan tercantum dalam Q.S AlMuddatstir [29]:4-5: “…dan pakaianmu bersihkanlah“ (QS. Al- Muddatstsir [29]: 4) , “….dan perbuatan dosa tinggalkanlah” (QS. Al- Muddatstsir [29]: 5)

Sehingga, mengacu dari kedua surat Al-Quran tersebut, penanganan gastroenteritis yang berpusat pada keluarga berbasis mobile health, tambahnya

Amelia juga menjelaskan bahawa aplikasi yang mereka gagas memiliki tujuh fitur antara lain, 1) Edukasi berupa video interaktif, 2) Makanan Sehat, 3) Hidup Bersih dan Sehat, 4) Konsultasi pada dokter disertai dengan Apotek Online, 5) Pemeriksaan Tanda dan Gejala, 6) Cegah dari Rumah, dan 7) Game Edukasi.

Diharapkan aplikasi ini dapat menekan angka kematian balita akibat gastroenteritis dan menjadi solusi yang efisien serta praktis dalam pencegahan gastroenteritis, tutupnya

 

Shared: