Usung Tema Gerai Sehat Balita Emas (Rasa Bima), Mahasiswa S1 Keperawatan FIKES UMM Juara Lomba Essay Ilmiah Nasional Kembali

Selasa, 18 Juli 2023 00:10 WIB   Ilmu Keperawatan

Mahasiswa S1 Keperawatan FIKES UMM kembali menyabet juara di ajang Lomba essay ilmiah nasional. Judul yang di usung dalam lomba tersebut yakni, Gerai Sehat Balita Emas (Rasa Bima): Gerai Makanan Sehat Balita Terintegrasi Aplikasi Sebagai Solusi Pencegahan Stunting Di Indonesia. Mahasiswa tersebut diwakili oleh Bintang Ramadhani Hamzah mahasiswa angkatan 2022 dan Fino Ardiansyah mahasiswa angkatan 2021. 

Lomba tahunan tersebut di selenggarakan oleh Stikes Surya Global Yogyakarta. Ajang bergengsi ini di ikuti oleh mahasiswa dari berbagai kampus negeri maupun swasta sampai terseleksi hanya tinggal 15 peserta saja. Adapun peserta yang lolos seleksi tersebut berasal dari universitas jendral achmad yani Yogyakarta, universitas sriwijaya, stikes surya global

Bintang menjelaskan bahwa Stunting menjadi permasalahan pada anak akibat ketidakmampuan dalam pemenuhan nutrisi yang disebabkan oleh kurangnya kontrol pengasuhan Ibu. Pemenuhan gizi bagi balita dapat dilakukan dengan menyediakan Gerai makanan sehat.

"Gerai makanan sehat dapat dibingkai dengan terintegrasi aplikasi. Gerai Rasa Bima (Gerai Sehat Balita Emas) merupakan inovasi gerai makanan sehat terintegrasi aplikasi yang didesain untuk meningkatkan pengetahuan ibu mengenai bahaya stunting", tandasnya.

Fino juga menambahkan bahwa aplikasi ini dapat membantu para Ibu dalam pemenuhan gizi bagi balita. Dalam aplikasi Gerai Rasa Bima, terdapat beberapa menu yaitu Snack MP-ASI, MP-ASI instan, Jus MP-ASI, serta JAJAN SIP (Layanan Pengantaran ASI Ibu Perah).

"Tujuannya dengan adanya gerai rasa Bima dapat membantu ibu dalam memenuhi kebutuhan nutrisi anak sehingga dapat menurunkan angka kejadian stunting yang diakibatkan oleh Ibu yang sibuk dalam bekerja". 

Selain manfaat yang disebutkan di atas, Fino juga menambahkan bahwa dengan adanya aplikasi ini dapat mempermudah dalam memenuhi kebutuhan nutrisi anak disela kesibukan orang tua, dan juga dapat mempermudah dalam pemberian ASI ekslusif, tuturnya. 

Shared: