KURIKULUM
Kurikulum pendidikan ners terdiri dari kurikulum tahap akademik dan tahap profesi, meliputi 60% kurikulum inti dan 40% kurikulum institusi. Kurikulum inti mencerminkan learning outcomes (LO) dan kompetensi utama, sedangkan kurikulum institusi merepresentasikan kespesifikan/unggulan dari program studi/institusi masing-masing yang terdiri dari 50% kemampuan global dan 50% kemampuan institusional. Luaran dari kurikulum pendidikan ners harus menjamin tercapainya kompetensi ners sesuai Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) atau disebut Indonesian Qualification Framework (IQF) peringkat 7 untuk tenaga keperawatan.
Learning outcomes pada PS Ners Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Malang mengacu pada: (1) Standar Nasional Pendidikan Tinggi dari Kementerian Riset, Teknologi Dan Pendidikan Tinggi Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Pembelajaran, (2) Visi dan Misi Universitas, (3) Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI), (4) Visi dan Misi PS Ners. Unsur learning outcomes pada PS Ners yang mencakup: sikap, pengetahuan, keterampilan khusus dan keterampilan khusus.
Capaian pembelajaran dituangkan dalam kompetensi utama, pendukung dan kompetensi lainnya. Kompetensi utama tercermin dalam mata kuliah sebanyak 98 sks (70%), kompetensi pendukung sebanyak 30 sks (20%), dan kompetensi lainnya sebanyak 18 sks (10%) dengan jumlah 146 sks pada tahap akademik. Sedangkan pada tahap profesi sejumlah 36 sks, dituangkan dalam kompetensi utama sebanyak 29 sks (81%) dan untuk kompetensi pendukung dan lainnya sebanyak 7 sks (19%). Kompetensi utama PS Ners yang merupakan penciri PS Ners disusun berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan ditetapkan sesuai masukan stake holders, tim pengembang kurikulum PS Ners dan Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI). Kompetensi PS Ners FIKES Universitas Muhammadiyah Malang sudah sesuai dengan 8 kompetensi utama yang telah ditetapkan SN Dikti, ditambah kompetensi pendukung yang terdapat pada mata kuliah terkait dengan isu lokal, isu nasional, maupun global. Selain itu juga didukung kompetensi lainnya yang sesuai dengan Visi Misi PS Ners penciri PS Ners yang berbasis keperawatan komunitas dan nilai-nilai keislaman.
No. |
SemKur. |
Kode MK |
Mata Kuliah |
SKS |
JS |
TM |
P |
1 |
I |
110420189 |
Bahasa Indonesia |
2 |
2 |
2 |
|
2 |
I |
110421729 |
Pancasila |
2 |
2 |
2 |
|
3 |
I |
110424974 |
FLSP 1 |
2 |
6 |
2 |
|
4 |
I |
120425572 |
Kemanusiaan dan Keislaman |
1 |
2 |
1 |
|
5 |
I |
210421235 |
Konsep Dasar Keperawatan |
3 |
3 |
3 |
|
6 |
I |
210424302 |
Ilmu Biomedik Dasar |
4 |
4 |
3 |
1 |
7 |
I |
210425399 |
Pemenuhan Kebutuhan Dasar Manusia |
4 |
4 |
3 |
1 |
8 |
I |
210425400 |
Falsafah dan Teori Keperawatan |
3 |
3 |
3 |
|
|
|
|
21 |
26 |
19 |
2 |
|
9 |
II |
110421159 |
Kewarganegaraan |
2 |
2 |
2 |
|
10 |
II |
110424975 |
FLSP 2 |
2 |
6 |
2 |
|
11 |
II |
120425573 |
Aqidah dan Ibadah |
1 |
2 |
1 |
|
12 |
II |
210424496 |
Psikososial & Budaya Dalam Kep. |
2 |
2 |
2 |
|
13 |
II |
210425401 |
Komunikasi Dasar Keperawatan |
2 |
2 |
1 |
1 |
14 |
II |
210425402 |
Keterampilan Dasar Keperawatan |
3 |
3 |
1 |
2 |
15 |
II |
210425403 |
Proses Keperawatan dan Berpikir Kritis |
3 |
3 |
3 |
|
16 |
II |
210425404 |
Ilmu Dasar Keperawatan |
3 |
3 |
2 |
1 |
17 |
II |
210425405 |
Farmakologi Keperawatan |
3 |
3 |
2 |
1 |
|
|
|
21 |
26 |
16 |
5 |
|
18 |
III |
120421074 |
Kemuhammadiyahan |
1 |
2 |
1 |
|
19 |
III |
110425406 |
Bahasa Inggris untuk Perawat Profesional - Receptive Skill |
2 |
2 |
2 |
|
20 |
III |
210421117 |
Keperawatan Maternitas |
4 |
4 |
2 |
2 |
21 |
III |
210425408 |
Keselamatan Pasien & Keselamatan Kesehatan Kerja |
2 |
2 |
1 |
1 |
22 |
III |
210425409 |
Keperawatan Dewasa Sistem Kardiovaskuler, Respiratori dan Hematologi |
4 |
4 |
3 |
1 |
23 |
III |
210425410 |
Komunikasi Terapeutik Keperawatan |
3 |
3 |
2 |
1 |
24 |
III |
210425411 |
Sistem Teknologi Informasi Keperawatan |
4 |
4 |
2 |
2 |
|
|
|
20 |
21 |
13 |
7 |
|
25 |
IV |
120425407 |
Bahasa Inggris untuk Perawat Profesional - Productive Skill |
2 |
2 |
2 |
|
26 |
IV |
120425574 |
Akhlaq dan Mu'amalah |
1 |
2 |
1 |
|
27 |
IV |
210420268 |
Biostatistik |
2 |
2 |
1 |
1 |
28 |
IV |
210425412 |
Kerawatan Dewasa Sistem Endoktrin, Pencernaan, Perkemihan, dan Imunologi |
4 |
4 |
3 |
1 |
29 |
IV |
210425413 |
Keperawatan Anak Sehat dan Sakit Akut |
4 |
4 |
3 |
1 |
30 |
IV |
210425414 |
Keperawatan Kesehatan Jiwa dan Psikososial |
3 |
3 |
2 |
1 |
31 |
IV |
210425415 |
Pendidikan dan Promosi Kesehatan |
3 |
3 |
2 |
1 |
32 |
IV |
210425416 |
Keperawatan Kesehatan Reproduksi |
2 |
2 |
1 |
1 |
|
|
|
21 |
22 |
15 |
6 |
|
33 |
V |
110425417 |
Keperawatan Dewasa Sistem Muskulosketal, Integumen, Persepsi Sensori dan Persarafan |
4 |
4 |
3 |
1 |
34 |
V |
210421096 |
Keperawatan Gerontik |
4 |
4 |
3 |
1 |
35 |
V |
210421614 |
Metodologi Penelitian |
4 |
4 |
3 |
1 |
42 |
VI |
210421116 |
Keperawatan Kritis |
3 |
3 |
2 |
1 |
37 |
V |
210425419 |
Keperawatan Anak Sakit Kronis dan Terminal |
2 |
2 |
2 |
|
38 |
V |
210425420 |
Keperawatan Psikiatri |
3 |
3 |
2 |
1 |
39 |
V |
210425421 |
Konsep Keperawatan Komunitas |
2 |
2 |
2 |
|
|
|
|
22 |
23 |
18 |
5 |
|
36 |
V |
210425418 |
Keperawatan Paliatif |
2 |
2 |
1 |
1 |
41 |
VI |
210421104 |
Keperawatan Keluarga |
4 |
4 |
3 |
1 |
43 |
VI |
210425422 |
Keperawatan Agregat Komunitas |
4 |
4 |
3 |
1 |
44 |
VI |
310424635 |
Proposal Skripsi |
2 |
2 |
1 |
1 |
45 |
VI |
410421260 |
Kuliah Kerja Nyata |
4 |
4 |
|
|
40 |
VI |
210421093 |
Keperawatan Gawat Darurat |
4 |
4 |
3 |
1 |
|
|
|
20 |
46 |
31 |
11 |
|
46 |
VII |
210421082 |
Kepemimpinan & Manaj. Keperawatan |
4 |
4 |
3 |
1 |
47 |
VII |
210423566 |
Pendidikan Akhlakul Karimah |
2 |
2 |
1 |
1 |
48 |
VII |
210423649 |
Keperawatan Terintegrasi |
3 |
3 |
3 |
|
49 |
VII |
210424520 |
Kewirausahaan Dalam Keperawatan |
2 |
2 |
1 |
1 |
50 |
VII |
210425423 |
Keperawatan Bencana |
2 |
2 |
1 |
1 |
51 |
VII |
210425424 |
Non Communicable Diseases Management in Clinical and Community Setting |
2 |
2 |
2 |
|
|
|
|
15 |
15 |
11 |
4 |
|
52 |
VIII |
510422666 |
Skripsi |
4 |
4 |
4 |
|
|
|
|
4 |
4 |
0 |
4 |