Kurikulum

KURIKULUM

Kurikulum pendidikan ners terdiri dari kurikulum tahap akademik dan tahap profesi, meliputi 60% kurikulum inti dan 40% kurikulum institusi. Kurikulum inti mencerminkan learning outcomes (LO) dan kompetensi utama, sedangkan kurikulum institusi merepresentasikan kespesifikan/unggulan dari program studi/institusi masing-masing yang terdiri dari 50% kemampuan global dan 50% kemampuan institusional. Luaran dari kurikulum pendidikan ners harus menjamin tercapainya kompetensi ners sesuai Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) atau disebut Indonesian Qualification Framework (IQF) peringkat 7 untuk tenaga keperawatan.

Learning outcomes pada PS Ners Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Malang mengacu pada: (1) Standar Nasional Pendidikan Tinggi dari Kementerian Riset, Teknologi Dan Pendidikan Tinggi Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Pembelajaran, (2) Visi dan Misi Universitas, (3) Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI), (4) Visi dan Misi PS Ners. Unsur learning outcomes pada PS Ners yang mencakup: sikap, pengetahuan, keterampilan khusus dan keterampilan khusus.

Capaian pembelajaran dituangkan dalam kompetensi utama, pendukung dan kompetensi lainnya. Kompetensi utama tercermin dalam mata kuliah sebanyak 98 sks (70%), kompetensi pendukung sebanyak 30 sks (20%), dan kompetensi lainnya sebanyak 18 sks (10%) dengan jumlah 146 sks pada tahap akademik. Sedangkan pada tahap profesi sejumlah 36 sks, dituangkan dalam kompetensi utama sebanyak 29 sks (81%) dan untuk kompetensi pendukung dan lainnya sebanyak 7 sks (19%). Kompetensi utama PS Ners yang merupakan penciri PS Ners disusun berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan ditetapkan sesuai masukan stake holders, tim pengembang kurikulum PS Ners dan Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI). Kompetensi PS Ners FIKES Universitas Muhammadiyah Malang sudah sesuai dengan 8 kompetensi utama yang telah ditetapkan SN Dikti, ditambah kompetensi pendukung yang terdapat pada mata kuliah terkait dengan isu lokal, isu nasional, maupun global. Selain itu juga didukung kompetensi lainnya yang sesuai dengan Visi Misi PS Ners penciri PS Ners yang berbasis keperawatan komunitas dan nilai-nilai keislaman.

No.

SemKur.

Kode MK

Mata Kuliah

SKS

JS

TM

P

1

I

110420189

Bahasa Indonesia

2

2

2

 

2

I

110421729

Pancasila

2

2

2

 

3

I

110424974

FLSP 1

2

6

2

 

4

I

120425572

Kemanusiaan dan Keislaman

1

2

1

 

5

I

210421235

Konsep Dasar Keperawatan

3

3

3

 

6

I

210424302

Ilmu Biomedik Dasar

4

4

3

1

7

I

210425399

Pemenuhan Kebutuhan Dasar Manusia

4

4

3

1

8

I

210425400

Falsafah dan Teori Keperawatan

3

3

3

 

 

 

 

 

21

26

19

2

9

II

110421159

Kewarganegaraan

2

2

2

 

10

II

110424975

FLSP 2

2

6

2

 

11

II

120425573

Aqidah dan Ibadah

1

2

1

 

12

II

210424496

Psikososial & Budaya Dalam Kep.

2

2

2

 

13

II

210425401

Komunikasi Dasar Keperawatan

2

2

1

1

14

II

210425402

Keterampilan Dasar Keperawatan

3

3

1

2

15

II

210425403

Proses Keperawatan dan Berpikir Kritis

3

3

3

 

16

II

210425404

Ilmu Dasar Keperawatan

3

3

2

1

17

II

210425405

Farmakologi Keperawatan

3

3

2

1

 

 

 

 

21

26

16

5

18

III

120421074

Kemuhammadiyahan

1

2

1

 

19

III

110425406

Bahasa Inggris untuk Perawat Profesional - Receptive Skill

2

2

2

 

20

III

210421117

Keperawatan Maternitas

4

4

2

2

21

III

210425408

Keselamatan Pasien & Keselamatan Kesehatan Kerja

2

2

1

1

22

III

210425409

Keperawatan Dewasa Sistem Kardiovaskuler, Respiratori dan Hematologi

4

4

3

1

23

III

210425410

Komunikasi Terapeutik Keperawatan

3

3

2

1

24

III

210425411

Sistem Teknologi Informasi Keperawatan

4

4

2

2

 

 

 

 

20

21

13

7

25

IV

120425407

Bahasa Inggris untuk Perawat Profesional - Productive Skill

2

2

2

 

26

IV

120425574

Akhlaq dan Mu'amalah

1

2

1

 

27

IV

210420268

Biostatistik

2

2

1

1

28

IV

210425412

Kerawatan Dewasa Sistem Endoktrin, Pencernaan, Perkemihan, dan Imunologi

4

4

3

1

29

IV

210425413

Keperawatan Anak Sehat dan Sakit Akut

4

4

3

1

30

IV

210425414

Keperawatan Kesehatan Jiwa dan Psikososial

3

3

2

1

31

IV

210425415

Pendidikan dan Promosi Kesehatan

3

3

2

1

32

IV

210425416

Keperawatan Kesehatan Reproduksi

2

2

1

1

 

 

 

 

21

22

15

6

33

V

110425417

Keperawatan Dewasa Sistem Muskulosketal, Integumen, Persepsi Sensori dan Persarafan

4

4

3

1

34

V

210421096

Keperawatan Gerontik

4

4

3

1

35

V

210421614

Metodologi Penelitian

4

4

3

1

42

VI

210421116

Keperawatan Kritis

3

3

2

1

37

V

210425419

Keperawatan Anak Sakit Kronis dan Terminal

2

2

2

 

38

V

210425420

Keperawatan Psikiatri

3

3

2

1

39

V

210425421

Konsep Keperawatan Komunitas

2

2

2

 

 

 

 

 

22

23

18

5

36

V

210425418

Keperawatan Paliatif

2

2

1

1

41

VI

210421104

Keperawatan Keluarga

4

4

3

1

43

VI

210425422

Keperawatan Agregat Komunitas

4

4

3

1

44

VI

310424635

Proposal Skripsi

2

2

1

1

45

VI

410421260

Kuliah Kerja Nyata

4

4

 

 

40

VI

210421093

Keperawatan Gawat Darurat

4

4

3

1

 

 

 

 

20

46

31

11

46

VII

210421082

Kepemimpinan & Manaj. Keperawatan

4

4

3

1

47

VII

210423566

Pendidikan Akhlakul Karimah

2

2

1

1

48

VII

210423649

Keperawatan Terintegrasi

3

3

3

 

49

VII

210424520

Kewirausahaan Dalam Keperawatan

2

2

1

1

50

VII

210425423

Keperawatan Bencana

2

2

1

1

51

VII

210425424

Non Communicable Diseases Management in Clinical and Community Setting

2

2

2

 

 

 

 

 

15

15

11

4

52

VIII

510422666

Skripsi

4

4

 

4

 

 

 

 

4

4

0

4