Dosen Keperawatan FIKES UMM, Ikuti Program International Staff Week Mobility Dibiayai Erasmus+ di Polandia

Rabu, 29 Mei 2024 06:38 WIB   Ilmu Keperawatan

Malang, 29 Mei 2024 - Henik Tri Rahayu, S.Kep, Ns., MS., PhD, seorang dosen keperawatan dari Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), baru saja menyelesaikan partisipasinya dalam Program International Staff Week mobility yang dibiayai oleh Erasmus+, sebuah program pendanaan dari Uni Eropa.

Kegiatan ini berlangsung dari 20 hingga 25 Mei di Lublin University of Technology, Polandia, dan diikuti oleh sekitar 30 perwakilan dari universitas-universitas di Eropa, Amerika, dan Asia. Menariknya, UMM menjadi satu-satunya universitas dari Asia yang berpartisipasi dalam acara bergengsi ini.

Topik yang diangkat dalam program ini adalah "Sport and Well-being", yang menekankan pentingnya olahraga dan kesejahteraan dalam kehidupan akademik dan profesional. Program ini bertujuan untuk menjalin kerjasama antar universitas di seluruh dunia, terutama antara universitas-universitas di Eropa dan Asia. Partisipasi Henik Tri Rahayu dalam program ini diharapkan dapat membuka peluang kolaborasi baru dan memperkuat hubungan internasional Prodi Keperawatan FIKES UMM dengan institusi-institusi pendidikan di seluruh dunia.

Dalam kesempatan ini, Henik Tri Rahayu berbagi pengetahuan dan pengalaman mengenai berbagai metode pengajaran dan penelitian di bidang keperawatan, serta berdiskusi tentang inovasi dalam promosi kesehatan melalui olahraga. Para peserta juga terlibat dalam berbagai kegiatan interaktif yang dirancang untuk meningkatkan kesejahteraan fisik dan mental, sekaligus memperluas jaringan profesional mereka.

"Ini merupakan pengalaman yang sangat berharga, tidak hanya untuk saya secara pribadi, tetapi juga untuk Prodi Keperawatan FIKES UMM. Melalui program ini, kami dapat belajar banyak dari institusi-institusi lain dan berbagi praktik terbaik dalam mengintegrasikan olahraga dan kesejahteraan ke dalam kurikulum keperawatan," ujar Henik Tri Rahayu.

Partisipasi UMM dalam program ini juga sejalan dengan visi universitas untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian melalui kerjasama internasional. Dengan mengikuti program ini, Prodi Keperawatan FIKES UMM berharap dapat memperluas jaringan kerjasamanya, tidak hanya dengan universitas-universitas di Eropa, tetapi juga di seluruh dunia, demi meningkatkan kualitas pendidikan pada mahasiswa Prodi Keperawatan.

Henik Tri Rahayu mengakhiri program ini dengan optimisme tinggi dan komitmen untuk menerapkan pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh selama di Polandia untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Prodi Keperawatan dan juga FIKES UMM. Dengan semangat kolaborasi internasional yang semakin kuat, Prodi Keperawatan FIKES UMM terus berupaya untuk menjadi prodi dan fakultas yang berdaya saing global dan berkontribusi positif dalam komunitas akademik internasional.

Shared: