Mahasiswa S1 Keperawatan FIKES UMM Memenangkan Karya Tulis Ilmiah Nasional SCI-FI NEUTRON 2023

Selasa, 07 Maret 2023 19:24 WIB   Ilmu Keperawatan

Mahasiswa S1 Keperawatan FIKES UMM memenangkan juara lomba karya tulis ilmiah nasional. Acara tersebut bernama Karya Tulis Ilmiah Nasional SCI-FI NEUTRON 2023. Acara ini diselenggarakan oleh Universitas Ahmad Dahlan. Perhelatan ini diikuti oleh 284 peserta berbagai universitas negeri atau swasta dari seluruh penjuru negeri. 

Lomba ini diwakili oleh mahasiswa angkatan 2021 atas nama Azizah Khoirotun Ni'mah, Fino Ardiansyah dan Moh. Nur Cahyo Firdaus. Mereka mengangkat tema tentang "Pengaruh Edukasi Hipertensi berdasarkan Self-Management Behavior berbasis Booklet QR Code Terintegrasi Web Health pada Lansia di Dusun Bakalan Krajan Kota Malang". 

Apa yang mendasari kenapa memilih topik tersebut?

Azizah, begitu sapaan akrabnya menjelaska bahwa hipertensi masih menjadi beban utama pembiayaan kesehatan di seluruh dunia yang dikenal dengan istilah the silent killer. 

Disebut demikian karena menyebabkan penderita tidak menyadari ancaman komplikasi seperti stroke, infark miokard, gagal ginjal, dan gagal jantung yang dapat mengakibatkan kematian.

Lanjut azizah menyatakan bahwa menurut World Health Organization (WHO) melaporkan, pada tahun 2019, jumlah penderita hipertensi di dunia sebanyak 1,13 milyar jiwa. Prevalensi hipertensi yang tinggi dapat diturunkan dengan melakukan pengontrolan tekanan darah melalui lifestyle, salah satunya dengan manajemen diri (self-management behavior).

Dengan itu, kami menggunakan metode edukasi self management behavior dalam upaya pencegahan hipertensi melalui pemberdayaan atau promosi kesehatan. Menggunakan media booklet terintegrasi web health sebagai media edukasi dalam gagasan kami, sesuai dengan jurnal Sugiarti et al., (2022) yang terbukti ada peningkatan skor pengetahuan dengan signifikansi p<0,05. karena kurangnya waktu atau durasi penelitian sehingga kami hanya berfokus pada variabel peningkatan pengetahuan dan  sampel yang digunakan sebatas Pilot Study. Mungkin untuk selanjutnya akan dilakukan penelitian lanjutan dengan penambahan variabel kepatuhan. 

Fino Ardiansyah juga menambahkan bawa konsep atau isi dari booklet terintegrasi web health tersebut yaitu, Booklet yang berisi pengertian, penyebab, faktor risiko, klasifikasi, dan pencegahan hipertensi dengan menerapkan hidup CERDIK berdasarkan self management behavior.

Selain itu, untuk meningkatkan critical thinking pembaca, terdapat QR code terintegrasi web health pada tiap pembahasan untuk menunjang rasional-rasional dari penjelasan yang terdapat di dalam booklet.

Tujuan yang diharapkan tidak hanya mampu meningkatkan pengetahuan pasien dan pembaca, namun juga membentuk sikap, perilaku masyarakat untuk melakukan deteksi dini hipertensi, tandasnya

Sementara pada media web health ini, disediakan informasi secara lebih luas terkait penjelasan pada booklet dengan bentuk artikel singkat ditunjang dengan video dan gambar.  Setiap page atau halaman yang terdapat di web health diintegrasikan QR code agar memudahkan partisipan scan yang langsung ditujukan pada page yang diinginkan. Web Health dapat diakses dalam link berikut: https://bit.ly/Ayocegahhipertensi, katanya 

Apa manfaatnya dari pengembangan booklet QR code ini?

Moh. Nur Cahyo Firdaus menjelaskan bahwa mengacu pada hasil analisis data dan pembahasan penelitian kami mengenai pengaruh edukasi hipertensi self-management behavior berbasis booklet QR code terintegrasi web health pada lansia di Dusun Bakalan Krajan Kota Malang.

Hasil yang didapatkan bahwa tingkat pengetahuan pasien sebelum pemberian pendidikan kesehatan menggunakan booklet QR code terintegrasi web health sebagian besar rendah.

Sedangkan tingkat pengetahuan pasien sesudah pemberian edukasi menggunakan booklet QR code terintegrasi web health sebagian besar tinggi. Terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata nilai pengetahuan lansia sebelum dan setelah diberikan media Booklet QR code terintegrasi web health di Dusun Bakalan Krajan Kota Malang dengan P value 0,046, tutupnya

Shared: